Jumat, 15 September 2017

 Prak-02 Design Thinking vs Tugas Akhir
1.     Tujuan
*   Memahami Tugas Akhir melalui design thinking

2.     Alat
*    Computer /Laptop

3.     Bahan
*      Proyek Akhir   : RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF FIQIH PUASA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS SISWA SD UNTUK MATA PELAJARAN AGAMA.


4.     Dasar Teori
Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapatmemecahkanmasalah. Hal initidakterbataspadaindustriataubidangkeahliantertentu. Design thinking sangatbergunadalamkaitannyadenganteknologi, samahalnyadenganservisdanproduk. Kehadirannyadapatmenciptakanprodukdanlayananbarubagipelanggan, hinggadapatmeningkatkanproduktivitasdalamoperasi internal. “Secaragarisbesar, design thinking adalahmetodekolaborasi yang mengumpulkanbanyak ide daridisiplinilmuuntukmemperolehsebuahsolusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jekAlamandaShantikaSantosasaat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).

Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari tahapandesainadalahtingkatandalammembuatsuaturancangan.
Dalamprosesnya, ada 5 langkah design thinking yaituemphatize,define,ideate,prototype, dan test. Semuainimenjelaskanbahwa design thinking padadasarnyamengedepankan human center approach yang mana proses berpikirberfokuspadamanusianyasendiri.

5.     Petunjuk Praktikum
*       Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu kelas
*       Mencari referensi buku Tugas Akhir ke perpus D3/D4
*       Hari ini ditutup dengan membuat laporan praktikum
*       Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori

6.  Tugas Praktikum
*                         Memilih satu judul Tugas Akhir
*                         Membuat PPT tentang Tugas Akhir tersebut berdasarkan Design Thinking

7.  Hasil Praktikum

Langkah yang digunakan dalam pembuatan Proyek Akhir melalui metode design Thinking adalah :
Ø  Emphatize
·         Mempelajari fiqih puasa merupakan kewajiban orang muslim yang sudah harus dimulai sejak usia dini. Untuk mengajarkannya kepada anak, diperlukan cara yang menyenangkan dan sarana yang menarik sesuai dengan dunia mereka.
·         Dunia anak identik dengan keceriaan. Warna yang ceria, musik ceria, dan sarana belajar yang ceria. Oleh karena itu, untuk membuat agar anak tertarik belajar, perlu diberikan fasilitas yang sesuai.
Ø  Define
·         Bagaimana agar anak tingkat sekolah dasar kelas atas dapat memanfaatkan aplikasi pada android sebagai sarana belajar tentang ilmu fiqih puasa yang menyenangkan?
·         Dengan permasalahan spesifik :
o   1. bagaimana agar anak bias belajar ilmu tentang fiqih puasa melalui perangkat bergerak sehingga bisa dibawa kemana saja?
o   2. bagaimana agar anak merasa belajar dengan aplikasi android bisa menyenangkan?
Ø  Ideate
·         Aplikasi yang dirancang adalah Aplikasi Edukatif Fiqih Puasa yang berisi ilmu dasar tentang Pengertian, Dasar Wajib, Hikmah, Syarah Sah, Syarat Wajib, dan beberapa hal yang bisa membatalkan puasa.
Ø  Prototype
·         Aplikasi yang digunakan untuk membuat software adalah Adobe Flash CS5
·         Perancangan aplikasi berawal dari :
o   1. Desain Aplikasi
o   2. Desain untuk menu belajar dan memiliki beberapa materi
o   3. Pembuatan scene berbeda agar tampilan menarik
o   4. Pembuatan karakter pada halaman menu belajar
o   5. Pembuat background bergerak
o   6. Pembuat desain untuk kuis
Ø  Test
·         Untuk penguji cobaan aplikasi, tampilan pertama pada layar adalah :
o   1. Home dengan pilihan Belajar dan Quiz


o   2. Pada menu belajar terdapat beberapa materi yang menerangkan materi fiqih puasa

o   3. Terdapat penjelasan setiap materi pada menu belajar

o   4. selain menu belajar, aplikasi ini terdapat menu quiz untuk mengulang apa yang sudah dipelajari pada menu belajar dengan pengoreksian otomatis.




·         Pada saat penguji cobaan, siswa SD diberikan angket aplikasi Edukatif Fiqih Puasa Berbasis Android untuk mengetahui penilaian mengenai aplikasi ini.


8.  Kesimpulan
Pada proyek akhir dengan judul RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF FIQIH PUASA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS SISWA SD UNTUK MATA PELAJARAN AGAMA menggunakan metode design thinking.

1)      Emphatize
Mempelajari fiqih puasa merupakan kewajiban orang muslim yang sudah harus dimulai sejak usia dini. Untuk mengajarkannya kepada anak, diperlukan cara yang menyenangkan dan sarana yang menarik sesuai dengan dunia mereka.
2)      Define
Bagaimana cara belajar fiqih tentang puasa agar praktis dan lebih edukatif bagi anak-anak.
3)      Ideate
Aplikasi Edukatif Fiqih Puasa yang berisi ilmu dasar tentang Pengertian, Dasar Wajib, Hikmah, Syarah Sah, Syarat Wajib, dan beberapa hal yang bisa membatalkan puasa.
4)      Prototype
Perancangan aplikasi dimulai dari pendesaian awal, pembuatan fitur, pembuatan scene, pembuatan karakter, background bergerak serta desain quiz.
5)      Test
Penguji cobaan aplikasi pada siswa SD serta pemberian angket penilaian untuk aplikasi.

9.  Refrensi
*      Hidayatullah, Priyanto, Aldi Daswanto dan Sulistyo Ponco Nugroho (2011). Membuat mobile game edukatif dengan flash, Bandung: Penerbit informatika
*      Safaat H, Nazruddin. 2011. ANDROID: pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android. Bandung: Penerbit informatika
*      Qardhawi, Yusuf. 2006. Fiqih puasa. Jakarta: Era intermedia.
*      http://marketeers.com>kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/oleh :SaviqBachdar. Diaksestanggal 8 September 2017.
*      http://kbbi.web.id/tahapoleh :EbtaSetiawan. Diaksestanggal 8 September 2017 .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar