Prak-02
Design Thinking vs Tugas Akhir
1. Tujuan
Memahami
Tugas Akhir melalui design thinking
2. Alat
Computer /Laptop
3. Bahan
Proyek Akhir : RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF FIQIH PUASA BERBASIS ANDROID
STUDI KASUS SISWA SD UNTUK MATA PELAJARAN AGAMA.
4. Dasar Teori
Design
Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapatmemecahkanmasalah.
Hal initidakterbataspadaindustriataubidangkeahliantertentu. Design thinking
sangatbergunadalamkaitannyadenganteknologi, samahalnyadenganservisdanproduk.
Kehadirannyadapatmenciptakanprodukdanlayananbarubagipelanggan,
hinggadapatmeningkatkanproduktivitasdalamoperasi internal. “Secaragarisbesar,
design thinking adalahmetodekolaborasi yang mengumpulkanbanyak ide
daridisiplinilmuuntukmemperolehsebuahsolusi, “ungkap Vice President of
Technology Product Go-jekAlamandaShantikaSantosasaat the next Dev 2016
#UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
Menurut
KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah
kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari
tahapandesainadalahtingkatandalammembuatsuaturancangan.
Dalamprosesnya,
ada 5 langkah design thinking yaituemphatize,define,ideate,prototype, dan test.
Semuainimenjelaskanbahwa design thinking padadasarnyamengedepankan human center
approach yang mana proses berpikirberfokuspadamanusianyasendiri.
5.
Petunjuk
Praktikum
Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu
kelas
Mencari
referensi buku Tugas Akhir ke perpus D3/D4
Hari ini ditutup dengan membuat laporan
praktikum
Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori
6. Tugas Praktikum
Memilih satu judul Tugas Akhir
Membuat PPT tentang Tugas Akhir tersebut
berdasarkan Design Thinking
7. Hasil Praktikum
Langkah
yang digunakan dalam pembuatan Proyek Akhir melalui metode design Thinking
adalah :
Ø
Emphatize
·
Mempelajari fiqih puasa merupakan
kewajiban orang muslim yang sudah harus dimulai sejak usia dini. Untuk
mengajarkannya kepada anak, diperlukan cara yang menyenangkan dan sarana yang
menarik sesuai dengan dunia mereka.
·
Dunia anak identik dengan keceriaan.
Warna yang ceria, musik ceria, dan sarana belajar yang ceria. Oleh karena itu,
untuk membuat agar anak tertarik belajar, perlu diberikan fasilitas yang
sesuai.
Ø
Define
·
Bagaimana agar anak tingkat sekolah
dasar kelas atas dapat memanfaatkan aplikasi pada android sebagai sarana
belajar tentang ilmu fiqih puasa yang menyenangkan?
·
Dengan permasalahan spesifik :
o
1. bagaimana agar anak bias belajar ilmu
tentang fiqih puasa melalui perangkat bergerak sehingga bisa dibawa kemana
saja?
o
2. bagaimana agar anak merasa belajar
dengan aplikasi android bisa menyenangkan?
Ø
Ideate
·
Aplikasi yang dirancang adalah Aplikasi
Edukatif Fiqih Puasa yang berisi ilmu dasar tentang Pengertian, Dasar Wajib, Hikmah,
Syarah Sah, Syarat Wajib, dan beberapa hal yang bisa membatalkan puasa.
Ø
Prototype
·
Aplikasi yang digunakan untuk membuat
software adalah Adobe Flash CS5
·
Perancangan aplikasi berawal dari :
o
1. Desain Aplikasi
o
2. Desain untuk menu belajar dan
memiliki beberapa materi
o
3. Pembuatan scene berbeda agar tampilan
menarik
o
4. Pembuatan karakter pada halaman menu
belajar
o
5. Pembuat background bergerak
o
6. Pembuat desain untuk kuis
Ø
Test
·
Untuk penguji cobaan aplikasi, tampilan
pertama pada layar adalah :
o
4. selain menu belajar, aplikasi ini
terdapat menu quiz untuk mengulang apa yang sudah dipelajari pada menu belajar
dengan pengoreksian otomatis.
·
Pada saat penguji cobaan, siswa SD
diberikan angket aplikasi Edukatif Fiqih Puasa Berbasis Android untuk
mengetahui penilaian mengenai aplikasi ini.
8. Kesimpulan
Pada
proyek akhir dengan judul RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF FIQIH PUASA BERBASIS
ANDROID STUDI KASUS SISWA SD UNTUK MATA PELAJARAN AGAMA menggunakan metode
design thinking.
1)
Emphatize
Mempelajari
fiqih puasa merupakan kewajiban orang muslim yang sudah harus dimulai sejak
usia dini. Untuk mengajarkannya kepada anak, diperlukan cara yang menyenangkan
dan sarana yang menarik sesuai dengan dunia mereka.
2)
Define
Bagaimana
cara belajar fiqih tentang puasa agar praktis dan lebih edukatif bagi
anak-anak.
3)
Ideate
Aplikasi
Edukatif Fiqih Puasa yang berisi ilmu dasar tentang Pengertian, Dasar Wajib,
Hikmah, Syarah Sah, Syarat Wajib, dan beberapa hal yang bisa membatalkan puasa.
4)
Prototype
Perancangan
aplikasi dimulai dari pendesaian awal, pembuatan fitur, pembuatan scene,
pembuatan karakter, background bergerak serta desain quiz.
5)
Test
Penguji
cobaan aplikasi pada siswa SD serta pemberian angket penilaian untuk aplikasi.
9. Refrensi
Hidayatullah, Priyanto, Aldi Daswanto
dan Sulistyo Ponco Nugroho (2011). Membuat mobile game edukatif dengan flash,
Bandung: Penerbit informatika
Safaat H, Nazruddin. 2011. ANDROID:
pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android. Bandung:
Penerbit informatika
Qardhawi, Yusuf. 2006. Fiqih puasa.
Jakarta: Era intermedia.
http://marketeers.com>kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/oleh
:SaviqBachdar. Diaksestanggal 8 September 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar