Jumat, 06 Oktober 2017

PRAK-05 DESIGN THINKING VS COMMERCIAL PRODUCT

1.     Tujuan
Memahami suatu produk melalui design thinking

2.     Alat
Computer /Laptop

3.     Bahan
Waralaba Seven Eleven 

4.     Dasar Teori
Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu. Design thinking sangat berguna  dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya  dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari tahapan desain adalah tingkatan dalam membuat suatu rancangan.
Dalam prosesnya, ada 5 langkah design thinking yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. 
1. Dengan empathize berisi latar belakang pembuatan produk. 
2. Define berisi rumusan masalah, lalu siapa yang membutuhkan, apa yang dibutuhkan, dan mengapa membutuhkan produk tersebut.
3. Ideate berisi ide dari suatu permasalahan. 
4. Prototype merupakan bentuk nyata, mekanisme produksi dari produk yang dibuat. 
5. Test adalah uji produk kepada responden dengan tujuan mendapat penilaian dari responden mengenai produk yang dibuat.
 Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.

5.     Petunjuk Praktikum
·        Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu kelas
·        Mencari artikel 7-eleven
·        Hari ini ditutup dengan membuat laporan praktikum
·        Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori
6.     Tugas Praktikum
·        Menentukan emphatize,define,ideate,prototype dan test dari sejarah berdirinya 7 Eleven
·        Membuat PPT tentang Commercial Product tersebut berdasarkan Design Thinking
7.     Hasil Praktikum

    7 Eleven

    Emphatize
    • Perkembangan perekonomian serta sistem ekonomi perdagangan
    Define
    Pada awalnya karyawan dermaga hanya menjual balok es untuk mendinginkan makanan, karyawan dermaga es yang giat mulai menawarkan susu, roti dan telur pada hari Minggu dan malam hari ketika toko kelontong ditutup. Ide bisnis baru ini menghasilkan pelanggan yang puas dan peningkatan penjualan, serta kenyamanan ritel.
    Permasalahan :
    • Bagaimana agar masyarakat dapat membeli barang dengan mudah?
    Tujuan :
    • Agar masyarakat yang membutuhkan tempat membeli bahan pokok bisa dijangkau tanpa harus melakukakan perjalanan jauh untuk bisa mendapatkannya.
     Ideate
    • Menciptakan toko kelontong dengan barang dagangan umum, dengan tujuan menjual produk seperti roti dan susu di toko serba ada akan mengurangi kebutuhan pelanggan untuk melakukan perjalanan jarak jauh untuk membeli bahan-bahan pokok.
     Prototype
    • Mekanisme produksi dan distribusisssss
    • Mekanisme franchisefdf
     Test

    • presentase penjualan
    • presentase pelangganhftert
    • Presentase kepuasan pelanggan akan pelayanan, barang yang dijual, dan kondisi toko.fdgfg8.     Daftar Pustaka


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar